Simak Penyebab Kulit Kusam yang Wajib Kamu Tahu!

Simak Penyebab Kulit Kusam yang Wajib Kamu Tahu!

Articles

Kulit kamu kusam? padahal sudah rajin mandi ataupun mencuci wajah? Ternyata mandi dan mencuci wajah saja tidak cukup lho ladies untuk mendapatkan kulit sehat dan cerah bercahaya, yuk simak beberapa penyebabnya di bawah ini.

1. Kurang Minum Air

Minum Air yang cukup setiap harinya merupakan hal yang sangat penting lho ladies. Jika kita dehidrasi, itu juga akan mempengaruhi kulit. Dehidrasi adalah masalah kulit jangka panjang, yang membuat kulit kehilangan asupan air yang dibutuhkan untuk mendapatkan hasil kulit sehat.


2. Jarang Eksfoliasi
Mencuci wajah saja tidak cukup lho untuk membuat wajah kita cerah dan sehat, ada hal penting lainnya yaitu eksfoliasi atau pengelupasan. Berdasarkan penelitian dari Dr Kenneth Howe, seorang dermatologis di Wexler Dermatology, penyebab paling umum dari kulit kusam adalah kekeringan. Kulit kering harus mengelupas, sehingga menghasilkan kulit yang segar dan cerah.


Eksfoliasi juga dapat membuat kulit menyerap lebih baik produk yang diaplikasikan kepadanya. Jadi, kamu tidak perlu heran jika mendapatkan hasil lebih maksimal dari produk yang selama ini digunakan setelah melakukan eksfoliasi. Ingatlah untuk menjaga kulit baru kamu dengan baik, untuk menghindari peradangan atau iritasi.


3. Kurang Kelembapan
Setelah melakukan eksfoliasi, maka kulit baru akan memerlukan kelembapan. Proses ini terjadi pada lapisan mikroskopis, lapisan yang biasanya mengalami keretakan atau biasa disebut sebagai kusam. Dengan menggunakan pelembap, Anda mengisi celah yang ada dengan lipid atau lemak alami kulit, sehingga menghilangkan kesenjangan antar sel kulit dan membuat permukaan kulit menjadi halus dan tampak bersinar.


4. Kurang Tidur

Tidur adalah waktu terbaik regenerasi kulit. Jika kurang tidur, maka tubuh tidak dapat memulihkan diri secara optimal. Inilah yang membuat kulit tidak sehat, kering, bersisik, dll. Yuk mulai perbaiki pola tidur teratur.


5. Stres
Jika sudah melakukan perawatan dengan sesuai namun kulit masih bermasalah, bisa jadi karena stress. Stres menyebabkan peningkatan kortisol, yang mempengaruhi aliran darah ke kulit dan memperbaiki kulit. Rasa marah, frustasi, kecewa, apapun bentuknya, ia dapat mempengaruhi kesehatan salah satunya kesehatan kulit.


 6. Tidak Makan Makanan Sehat
Makanan yang kamu konsumsi akan tercermin melalui kulit kamu lho ladies. Jauhilah makanan asin dan gorengan untuk kulit sehat bersinar. Makanan ini meningkatkan pembengkakan jaringan melalui retensi cairan. Beberapa ahli diet menyarankan untuk memakan makanan dengan bahan-bahan yang tinggi gula dan lemak, antioksida, protein berkualitas tinggi, dan asam lemak esensial.