Pengen Tau Jenis Kulit Wajahmu? Cari Tahu Disini!

Pengen Tau Jenis Kulit Wajahmu? Cari Tahu Disini!

Articles

Pernah ngerasa nggak cocok sama produk makeup atau skin care yang kamu pake? Misalnya wajah jadi makin berminyak, kering sampe ngelupas, atau bahkan jadi breakout? Kalo pernah, kemungkinan besar karena kamu pake produk yang nggak sesuai sama jenis kulitmu. Makanya, sebelum beli produk makeup atau skin care, cari tau dulu produk-produk itu untuk jenis kulit apa. Tapi, gimana jadinya kalo kamu sendiri nggak tau jenis kulit wajahmu? Tenang aja! Blog ini bakal kasih tau caranya!

1.Kulit Normal


Bisa aja kulit dambaan semua orang ini ternyata jenis kulit yang kamu punya. Cara taunya gampang banget! Kamu nggak akan ngerasa kulit wajahmu ini terlalu berminyak atau kering. Bisa dibilang, kulit kamu rasanya pas banget! Terus, pori-pori wajahmu juga biasanya nggak keliatan. Lebih enaknya lagi, kamu bakal jarang nemuin masalah kulit kayak jerawat. Walaupun gitu, kamu harus tetep ngerawat kulit wajahmu dengan milih skin care yang tepat untuk kulit normal. Kalo salah, bisa-bisa wajahmu yang nggak bermasalah malah jadi bermasalah! 


2. Kulit Berminyak 


Jenis kulit yang satu ini biasanya punya minyak berlebih disetiap sudut wajahnya. Sebenernya, kelenjar minyak sendiri punya fungsi yang baik, yaitu bikin wajah tetep lembab. Sayangnya kulit berminyak ngeproduksi minyak lebih banyak dari yang seharusnya. Terus, biasanya kulit berminyak juga punya pori-pori yang besar. Makanya, pilih skin care yang bisa ngurangin produksi minyak di kulit, ngebersihin dan juga ngecilin pori-pori. Buat makeup, pilihlah makeup-makeup yang sifatnya bisa nahan minyak alias matte. Untuk lebih jelasnya, kamu bisa baca blog Kata Siapa Muka Berminyak Nggak Bisa Pake Makeup? Coba Cara Ini!


3. Kulit Kering 


Kebalikan dari kulit berminyak, kulit kering cuma ngeproduksi sedikit minyak. Makanya, kulit kering biasanya keliatan retak, kusam, dan kasar. Selain itu, di bagian hidungnya biasanya pori-porinya nggak keliatan. Makanya, pilihlah skin care yang bisa ngasih kelembaban pada wajah. Buat makeup, hindarin makeup yang sifatnya ngeringin kayak tekstur matte. Sebaliknya, pilih makeup yang bisa bikin efek cerah di wajah. 


4. Kulit Kombinasi


Bisa dibilang, jenis kulit ini campuran dari kulit kering dan berminyak. Biasanya di bagian T-zone (dahi dan hidung), kulit ini cukup berminyak. Di bagian hidung, pori-porimu juga akan terlihat. Tapi, di bagian pipi kulitmu biasanya akan kerasa kering dan bergaris. Untuk skin carenya sendiri, kamu bakal nemuin produk-produk yang dibuat khusus untuk kulit kombinasi. Atau, kamu juga bisa maduin produk untuk kulit berminyak dan kulit kering, begitu juga buat makeup yang kamu pake. 


5. Kulit Sensitif


Kulit sensiitif biasanya gampang alergi atau ngalamin merah-merah. Makanya, kulit ini nggak bisa sembarangan pake skin care atau makeup. Buat cegah adanya reaksi yang nggak diinginkan di wajah, sebaiknya kamu hindarin produk-produk yang ngandung asam dan alkohol. Buat makeup, sebaiknya coba dulu sedikit di salah satu bagian wajah. Kalo nimbulin reaksi yang buruk, stop penggunaan makeup itu. 



Itu dia lima jenis kulit wajah dan ciri-cirinya. Nggak susah, kan? Kalo udah tau jenis kulitmu, kamu bakal lebih gampang nemuin makeup dan skin care yang cocok buat kulitmu.