Kata Siapa Muka Berminyak Nggak Bisa Pake Makeup? Coba Cara Ini!

Kata Siapa Muka Berminyak Nggak Bisa Pake Makeup? Coba Cara Ini!

Articles

Banyak orang takut ngegunain makeup karena kulitnya berminyak. Padahal, banyak lho cara yang bisa dilakuin buat bikin makeup tetep bagus di wajah sekalipun muka berminyak. Caranya cari produk-produk makeup yang sesuai dengan kulit berminyak. Nggak cuma makeup, skin care yang dipake juga penting, lho. Dengan gitu, hasil makeup bakal lebih nyatu di kulit dan tahan lama. Buat lebih lengkapnya, ayo baca tips di bawah!


1. Pilih Skin Care yang Tepat


Dimulai dari sabun cuci muka, toner, serum, pelembab, masker, sampe sunscreen, pilih yang sesuai untuk kulit berminyak. Hasilnya, produksi minyak di kulit bisa berkurang. Setelah pemakaian beberapa jam, produk juga nggak luntur dan lengket di kulit. 


2. Jangan Lupa Pake Primer



Selain skin care untuk lindungin kulit, primer juga produk yang nggak boleh ketinggalan. Pilihlah primer yang sifatnya matte buat nahan minyak di kulit. Penting juga ngegunain primer yang bisa nutupin pori-pori. Soalnya, kulit berminyak biasanya punya pori-pori yang gede.


3. Alas Bedak yang Teksturnya Matte



Alas bedak emang punya jenis yang beda-beda, misalnya foundation, bb cream, dan cc cream. Kamu bisa pilih alas bedak kesukaanmu, tapi jangan lupa pilih yang teksturnya matte. Dengan gitu, wajah bebas kilap sepanjang hari. Tapi, hati-hati! Beberapa foundation bertekstur matte bisa bikin kulit wajah kerasa berat. Efeknya, wajah jadi cakey karena minyak dan makeup yang numpuk. Untuk mencegah, pilih foundation matte yang ringan di wajah. 


4. Pakai Bedak Tabur



Walaupun alas bedak yang udah kamu pake teksturnya matte, kamu harus tetep pake bedak tabur diatasnya. Tujuannya supaya alas bedak nggak bergeser dan bisa nyerep minyak wajah lebih baik. Kalo kamu pengen pake bedak padat diatas bedak tabur, sebaiknya pilih bedak tabur yang warnanya transparan. Tapi, kalo nggak, kamu bisa gunain bedak tabur dengan warna yang sesuai dengan warna kulitmu. 


5. Bedak Padat Diatas Bedak Tabur


Kamu bisa pake bedak padat lagi diatas bedak tabur. Fungsinya supaya tampilan wajah keliatan lebih flawless. Tapi, jangan pake bedak padat two way cake kalo kamu udah pake foundation di bawahnya. Bisa-bisa makeup wajahmu keliatan tebel dan berlebihan. 


6. Semprot Setting Spray Diatas Makeup



Setelah selesai pake seluruh rangkaian makeup, pake juga setting spray di seluruh wajah. Dengan begitu, makeup akan bertahan lebih lama di wajah. Lalu, untuk wajah berminyak, pilihlah setting spray yang memberikan hasil akhir matte. Setting spray ini juga punya fungsi melembabkan wajah supaya makeup nggak bergaris terutama di area smile line. 


Nah, itu dia 6 produk yang nggak boleh ketinggalan kalau wajahmu berminyak. Nggak susah, kan? Selamat mencoba!